Mahasiswa KKN Reguler 81 UAD melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan pelatihan pendampingan UMKM kepada masyarakat Yogyakarta. Kegiatan ini dilatarbelakangi agar paradigma kuno yang berkembang di masyarakat dapat berubah sehingga UMKM dapat berkembang maju. Senin.(01/03/2021).

Pengabdian ini dilakukan dibeberapa tempat yaitu: pedukuhan Pundak Tegal Kelurahan Kembang Kapanewon Nanggulan Kabupaten Kulonprogo, Jumat (12/02/2021), Pedukuhan Jatingarang Lor Kelurahan Jatisarono Kapanewon Nanggulan Kabupaten Kulonprogo, Rabu (24/02/2021),  Pedukuhan Tegaltapen Kelurahan Tirtosari Kapanewon Kretek Kabupaten Bantul, Kamis (25/02/2021), dan Pedukuhan Baros Kelurahan Tirtohargo Kapanewon Kretek Kabupaten Bantul, Sabtu (27/02/ 2021) yang dilaksanakan secara luring dan daring dengan tema “Pelatihan dan Pemasaran Pemanfaatan Produk Olahan UMKM”.

Menurut Suryana Hendrawan, S.E., M.B.A. selaku pemateri pada kegiatan itu masalah-masalah yang sering pada UMKM yaitu pengelolaan keuangan yang buruk, kurangnya modal, distribusi yang tidak tepat sasaran, kurangnya inovasi produk, tidak mau mengenal pemasaran online, pembukuan masih manual, kurangnya manajemen waktu, dll.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) ini juga menyampaikan “masyarakat penggiat UMKM harus melek terhadap perubahan, mau menerima saran, mau untuk belajar dan melakukan hal-hal yang baru misalnya membuat video iklan sendiri dan memposting produk produknya ke dalam sosial commerce” ucapnya. (ya)

 

Tags: