Pandemi Covid- 19 memberikan dampak ketakuatan dari berbagai pihak Instituse for Development of Economics and Finance (INDEF) sehingga memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini hanya berada di kisaran 4,5%. Firsty Ramadhona Amalia Lubis S.E.,M.Ec. Dev (Selaku Dosen Ekonomi Pembangunan FEB-UAD) menyatakan bahwa Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia merupakan salah satu penyokong kesetabilan Perekonomi.

Jumlah Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) di Indonesia jauh lebih banyak dibandingkan jumlah Perusahaan berskala besar. Universitas Ahmad Dahlan juga memiliki kantin yaitu dibawah kepengurusan Koperasi Adi merupakan salah satu bentuk UMKM yang berada di tingkat Universitas. Pandemi Covid-19 menimbulkan permasalahan dalam perkembangan usaha untuk kantin Koperasi Adi. Firsty Ramadhona Amalia Lubis S.E.,M.Ec. Dev bersama Lestari Sukarniati S.E. M.Si. mengadakan sosialisasi dan pelatihan perbaikan pengelolaan keuangan dan kebersihan di tengah pandemi Covid-19 untuk kantin UAD. kegiata yang diselenggarakan empat tahap ini yang terdiri dari pemberian materi sosialisasi kebersihan kantin, pelatihan pemasaran kantin UAD, pemberian materi sosialisasi dan pelatihan laporan keuangan.

Pada sabtu, 5 Desember 2020 merupakan kegiatan terakhir yang di selenggarakan dengan meberikan peralatan kebersihan untuk kantin, dalam kegiatan pengabdian ini dihadiri oleh anggota dan pengurus kantin UAD terkhususnya kampus 1 UAD yang sebanyak 15 orang. Dengan adanya kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para pengelola kantin di tengah kondisi pandemi dan pemasaran online dan penyusunan laporan keuangan kantin. Dalam penyelenggaraan kegiatan juga melibatkan mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan  untuk meningkatkan kepedulian dan ikut terlibat terhadap permasalahan ekonomi.

 

Tags: ,