Kegiatan pengabdian ini adalah pendampingan Dusun Ngunan-ngunan untuk pembentukan embrio Kawasan Eko Edu Wisata Dusun Ngunan-ngunan yang dihadiri oleh Ketua Komisi B DPRD D.I.Y. Bidang Perekonomian dan Keuangan, Danang Wahyu Broto, S.E., M.Si. dan Dinas Pariwisata Provinsi D.I.Y. Bidang Pengembangan Kapasitas Dra. Titik Sulistyani, Kepala Desa Srigading, dan Kepala Dusun Ngunan-ngunan Bapak Endartono beserta kelompok masyarakat dusun Ngunan-ngunan. dengan Tim Pengabdian FEB-UAD Dr. Dini Yuniarti, S.E., M.Si. Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan FEB-UAD, Marsudi Endang Sri Rejeki, S.E., M.M. Dosen Program Bisma FEB-UAD dan Adhitya Rechandy Christian, S.E., M.M., Dosen Program Studi Manajemen FEB-UAD.

Kegiatan pengabdian ini merupakan lanjutan dari kegiatan pengabdian pada tahun 2020 dan kembali dilaksanakan pada tahun 2021 ini yang akan fokus pada tatakelola kelompok-kelompok masyarakat untuk mendukung pengembangan Eko Edu Wisata di Dusun Ngunan-ngunan. Kegiatan ini dilaksanakan pada, Senin 19 April 2021. di Dusun Ngunan-Ngunan dengan tetap menggunakan protokol kesehatan yaitu, menggunakan masker, menjaga jarak dan menggunakan hand sanitizer.

Kepala Dusun Bapak Endarto menyampaikan dusun Ngunan-unan akan melakukan pengembangan berupa budidaya ikan lele serta bank lele yang digunakan untuk menyimpan dan menjual lele yang berlebih di masyarakat, pembentukan bank sayur, kebun buah anggur, pembuatan media tanam dan pengelolaan pupuk serta pengolahan limbah lainnya yang dibantu dengan kelompok-kelompok masyarakat seperti Pok Dakan Pa Bo LeTos, Kelompok Ternak Sapi Lestari, Agen Hayati, KWT Mugi Rahayu. Dengan didampingi Dosen dari FEB-UAD untuk kesuksesan pengembangan yang ada di Dusun Ngunan-ngunan.

Turut hadir pula dalam Acara ini ASITA ( Association Of The Indonesian Tours & Travel Agencies) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang menyampaikan Pranatan Anyar Plesiran Jogja untuk mendukung terbentuknya Kawasan Eko Edu Wisata di Dusun Ngunan-ngunan.

 

Tags: , , , ,