Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (BEM FEB) Universitas Ahmad Dahlan berhasil lolos pendanaan Program Holistik Pembinaan dan Pengabdian Desa (PHP2D) yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Kegiatan pemberdayaan masyarakat ini dilakukan oleh mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Badan Eksekutif Mahasiswa yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa peduli mahasiswa dan berkontribusi kepada masyarakat desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera.

Program dilaksanakan di Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul dengan menyasar di dua dusun yaitu Dusun Sendang sari dan Dusun Saradan. Adapun rangkaian kegiatan ini meliputi pembuatan instalasi hidroponik, instalasi jamur, pemanfaatan lahan pekarangan dengan penanaman seribu sayur yang naantinya akan dipasarkan melalui digital. Kegiatan ini disambut baik oleh warga desa terong tersebut terlebih warga disana memiliki tujuan yang sama untuk mengembangkan desa sayuran.  Joko, selaku koordinator pemuda dusun Saradan.  merasa terbantu sekali dengan adanya kegiatan dari mahasiswa FEB-UAD untuk mengembangkan desa sayuran.“Berawal dari mimpi kini menjadi reality”. Bapak Adhitya Rechandy Christian, M.M., Selaku Dosen Pembimbing Program ini menyampaikan, bahwa lahan pekarangan di masyarakat perlu dioptimalkan karena banyak sekali peluang yang dapat dilakukan. diantaranya adalah program yang dibuat oleh Mahasiswa BEM FEB-UAD yaitu penanaman sayur, toga, melalui media hidroponik serta instalasi bis beton untuk kolam lele dan pengembangan budidaya jamur. yang kemudian juga dapat diolah agar mendapatkan nilai tambah seperti pembuatan abon lele, abon jamur, nugget lele dsb. Jufri, selaku ketua Tim PHP2D-UAD merasa bersyukur dengan hal ini. Karena banyak ilmu yang didapat dan semua itu tidak didapat di perkuliahan. Bapak Ponirin selaku kepala dusun Saradan mengatakan “kami sangat terbuka terhadap mahasiswa yang mau ikut terjun ke masyarakat. Saya sangat mengapresiasi sekali. Bercermin dari kehidupan saya butuh perjuangan untuk membangun tempat ini sehingga saya sangat mendukung sekali kegitan ini. Harapannya kegiatan ini bisa terus berkelanjutan”. (jay) (ya)

sumber:https://www.krjogja.com/berita-lokal/diy/yogyakarta/bem-feb-uad-lolos-program-holistik-pembinaan-dan-pemberdayaan-desa/

 

Tags: