Pandemi Covid-19 belum usai melanda dunia , terkhusus negara Indonesia, Pemerintahan setiap daerah sedang di arahkan untuk mencari jalan keluar bangkit dalam keadaan ini, karena banyaknya dampak yang disebabkan pandemi, terlihat pada sisi ekonomi dan sosial, terlebih lagi untuk masyarakat yang sudah berumah tangga, karena banyaknya kebutuhan yang harus di penuhi namun pendapatan yang didapat tidak mendukung.

Lantas bagaimana dengan kondisi ketahanan pangan dilingkup rumah tangganya?… permasalah itu menimbulkan tanda tanya sehingga bersamaan dengan peringatan hari pangan dunia pada tanggal 16 Oktober 2021, Pusat Studi dan Kebijakan Nasional (PUSJAKNAS) yang di ketuai oleh Dr. Dini Yuniarti, S.E., M.Si, selaku Dosen dari Program Studi Ekonomi Pembangunan (EP) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Ahmad Dahlan (UAD), menyelenggarakan kegiatan webinar Peringatan Ketahanan pangan Dunia: Ketahanan Pangan di Saat Pandemi (?) pada Juma’t, 29 Oktober 2021, dengan tema “Tindakan kita, masa depan kita, untuk produksi, gizi, lingkungan dan kehidupan yang lebih baik” dengan tujuan “Untuk meningkatkan optimisme  masyarakat mengenai ketahanan pangan saat pandemi perlu adanya sosialisasi informasi mengenai kondisi ketahanan pangan saat pandemi, baik perkembangan data terkini, kebijakan, program mau peran serta masyarakat,” jelas Dr Dini Yuniarti MSi, selaku Ketua PUSJAKNAS.

Kegiatan yang dilaksanakan secara online menggunakan zoom meeting itu dapat sukses diselenggarakan dengan melibatkan 3 narasumbernya yang membawakan sudut pandang ketahanan pangan dari sudut yang berbeda-beda. Ir. Syam Arjayanti, MPA. selaku Wakil Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) DIY, yang merupakan Narasumber Utama  yang menjelaskan ketahanan pangan dari sisi kebijakan, program-program pemerintah dan capaian ketahanan pangan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dr. Dini Yuniarti, S.E., M.Si  memberikan tinjauan ketahanan pangan dari sisi akademisi, baik konsep, perkembangan data terkini dan strategi selaku narasumber ke 2 dan ditutup oleh narasumber ke 3, Bachtiar Dwi Kurniawan, MPA. selaku Manager Program Gerakan Ketahanan Pangan Keluarga (GETAPAK) PP Muhammadiyah, yang menjelaskan gerak langkah organisasi  bersama masyarakat dalam menjaga ketahanan pangan webinar ini dipandu oleh moderator Poppy Laksita Rini, S.E., M.Sc, dosen Program Studi Manajen FEB UAD yang sukses dihadiri oleh 165 peserta mahasiswa FEB UAD dan umum

webinar ini adalah menyinggung peran pemuda untuk bisa bersama-sama membangun ketahanan pangan demi keberlanjutan hidup. Dalam hal ini adalah petani milenial seperti dinyatakan oleh  Bachtiar Dwi Kurniawan, MPA. sebagai representatif pemuda dalam menciptakan ketahanan pangan. “Pentingnya diversifikasi pangan dari pangan yang mengandung beras dan terigu kemudian beralih ke umbi-umbian, kacang-kacangan, sayur, dan buah.” Jelas Ir Syam Arjayanti, MPA (29/10/2021)

 

 

 

Tags: ,