Universitas Ahmad Dahlan menyambut kedatangan Alexandra Mariana Nunes Albuquerque PhD dalam rangka kunjungan pertama untuk implementasi Hibah Erasmus+ International Credit Mobility (ICM) didapatkan oleh Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bekerja sama dengan Polytechnic Institute of Porto (IPP), Portugal di kampus 1 UAD, Jalan Kapas, Semaki, Yogyakarta.  Ida Puspita MA Res, Kepala Bidang Kerja sama Luar Negeri – UAD, Sabtu (13/08/2022) mengatakan, Hibah Erasmus+ ICM ini merupakn hibah Erasmus+ keempat yang diperoleh UAD sejak tahun 2017.

Pertemuan Kamis (11/08/2022) lalu, secara resmi dibuka oleh Rusydi Umar, ST MT PhD (Wakil Rektor Bidang Akademik), dan Dwi Santoso PhD (Kepala Kantor Kerja Sama dan Urusan Internasional). Diikuti oleh presentasi singkat tentang UAD yang disampaikan oleh Ida Puspita MARes (Kepala Bidang Kerja Sama Luar Negeri), presentasi singkat tentang kerja sama internasional yang telah dilakukan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) disampaikan oleh Dr Dini Yuniarti SE MSi (Dekan FEB), dan presentasi tentang IPP dan potensi kerja sama ke depannya oleh Alexandra Mariana Nunes Albuquerque (Kepala Kantor Urusan Internasional IPP Portugal dan dosen di School of Business IPP).

Sesi diskusi berlangsung sangat efektif dan efisien, Anton Yudhana, ST MT PhD (Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat/LPPM UAD) mengajukan kerja sama Joint Research, Joint Publication dan Joint Research Reviewers. Usulan ini langsung disambut baik oleh Alexandra Mariana Nunes Albuquerque yang merencanakan koneksi langsung untuk menjembatani kesenjangan antara LPPM UAD dengan lembaga penelitian IPPM.

Selain itu, Rai Rake Setyawan PhD, salah satu dosen Magister Manajemen UAD, memberikan kerjasama co-supervisory yang telah dilakukan  UAD dengan beberapa mitra di Filipina dan Malaysia. Beberapa perwakilan dosen  FEB juga mengusulkan beberapa kemungkinan kerjasama dengan IPP. B. Pertukaran mahasiswa, pengakuan kredit, pertukaran fakultas, dll. Semua potensi kerjasama akan segera disetujui oleh Alexandra Mariana Nunes Albuquerque dan akan diproses secepatnya dengan MoU dan MoA.

Alexandra Mariana Nunes Albuquerque juga mengunjungi Kampus 4, khususnya  Observatorium UAD dan proyek Lab Manajemen Bencana Erasmus+ Disaster Management.Selain itu, Rusydi Umar ST MT PhD (Wakil Rektor Bidang Akademik) mengatakan dengan bertambahnya beasiswa internasional yang diterima UAD, kualitas UAD dan  kepercayaan mitra internasional UAD meningkat.

Kami berharap semua departemen UAD yang terkait dengan IPP Portugal dapat mengembangkan kerjasama lebih lanjut dengan IPP Portugal. Sementara itu, Dr. Dwi Santoso  juga mengundang IPP Portugal untuk berpartisipasi dalam kegiatan Go Jogja. Ini merupakan kegiatan UAD internasional  yang ditujukan untuk mahasiswa asing yang belajar budaya di Yogyakarta.(va)

 

Tags: