Jum’at 29 Juli 2022 Dosen program studi manajemen bapak Aditya Rechandy Christian Santoso S.E., M.M, bapak Suryana Hendrawan, S.E., MBA, ibu Candra Vionela M, S.E., M.Sc. Fakultas ekonomi dan bisnis universitas ahmad Dahlan melakukan kerjasama dengan masjid raya baiturrahman aceh (MBA) dengan membangun sebuah usaha bisnis yaitu pengembangan Kawasan ekonomi kreatif  berbasis masjid yang diberi nama Mosque Business Area (MBA) yang  terletak  di jalan Ringroad Selatan Jalan Plurugan, Pluragan, Tirtonirmolo, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengabdian ini merupakan beberapa program dari LPPM UAD.

Kerjasama ini juga melibatkan organisasi otonom (ortom) yaitu IMM (Ikatan mahasiswa Muhammadiyah), IPM (Ikatan pelajar muhaammadiyah) sekaligus takmir masjid yang ada di masjid raya baiturrahman aceh. ada bebrapa produk yang dijual pada angkringan ini. Mulai dari nasi kucing, gorengan, sate – satean, indomie, dan minuman yang menyegarkan. Angkringan ini juga menitipkan jualan masyarakat. Dengan letak yang strategis dan sesuai dengan pangsa pasarnya sendiri.

“Tujuannya untuk memakmurkan masjid itu sendiri dari sisi ekonomi untuk modelnya konsinyasi. jadi masyarakat disekitar masjid harapannya bisa menitipkan hasil – hasil olahan mereka untuk di jual pada angkringan tersebut karena posisi nya di masjid kita tidak boleh melepaskan nilai – nilai masjid itu sendiri maka yang dibangun didalam pengembangan model yang ada di KEK (Kawasan ekonomi kreatif) menggunakan konsep spiritual best on compeny. Artinya model bisnis yang ada nilai-nilai spiritual dalam keislamannya”  Ucap Aditya Rechandy Christian Santoso S.E., M.M selaku dosen prodi Manajemen yang melakukan pendampingan.

Untuk pengelolaannya diserahkan pada ortom yang ada di masjid MBA ada  ikatan pelajar Muhammadiyah, pemuda Muhammadiyah, dan nasiyatul aisyah. Untuk saat ini teman – teman dari IPM yang menjaga angkringan MBA tersebut.

Harapannya semoga Kawasan ekonomi kreatif berbasis masjid ini akan berjalan dengan baik membantu ekonomi masyarakat sekitarnya. (va)