Pengolahan Sampah

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bantul meresmikan Balai Pengelolaan Sampah di Desa Murtigading Kecamatan Sanden Kabupaten Bantul pada 2 Juni 2022. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah Bantul Bersih Sampah 2025 (Bantul Bersama) yang dicanangkan sebagai bentuk kepedulian terhadap permasalahan sampah di Yogyakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih, Rektor UAD Dr. Muchlas, M.T., Wakil Rektor UAD Bidang Akademik yaitu Rusydi Umar, S.T., M.T., Ph.D., dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLH).

Kerjasama Pemerintah Kabupaten Bantul dengan UAD merupakan bentuk kerjasama antara Pemerintah Kabupaten dan akademisi dalam pelaksanaan Program Pemerintah Kabupaten. Kegiatan inisiasi ini merupakan kelanjutan dari kontrak yang telah ditandatangani sebelumnya.
“UAD prihatin dengan masalah sampah Kabupaten Bantul, yang dijelaskan dengan pendirian laboratorium sampah di Desa Murtigading untuk mendukung program pemerintah Kabupaten Bantul,” kata Rusydi Umar, S.T., M.T., Ph.D. dalam sambutannya.

Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih juga menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi yang pesat telah menyebabkan beban lingkungan bersama, yaitu sampah. Selain itu, pertambahan jumlah sampah semakin hari semakin meningkat. Dengan banyaknya marketplace maka pengusaha membutuhkan kemasan atas barang-barang yang dikirim. Hal ini juga akan mempercepat akumulasi timbulnya sampah. Oleh karena itu, perlu adanya komitmen dalam mengolah sampah tersebut oleh masyarakat.
“Saya yakin Desa Murtigading menjadi pemodelan percontohan pengolahan sampah yang sangat bagus di Kabupaten Bantul. Sekali lagi, kehadiran UAD ini sungguh sangat bermakna di dalam mengakselerasi penanggulangan permasalahan sampah di sini,” tambah H. Abdul Halim Muslih. (sh)