Pentingnya Digital Marketing yang dilakukan oleh Prodi Manajemen FEB UAD di Kalurahan Pacarejo
Era disrupsi yang terus berubah dan evolusi teknologi ke digital menjadikan semua gaya hidup menjadi lebih praktis, sederhana, dan cepat. Pemanfaatan kegiatan optimalisasi dan pelatihan Digital Marketing bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para pelaku usaha di Kalurahan Pacarejo, Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunung Kidul , sehingga diharapkan dapat membuat masyarakat daerah Pacarejo menjadi lebih paham, “Utamanya dalam hal teknologi dan perkembangan zaman,” ujar Suhadi, Lurah Pacarejo.
“Saat ini teknologi bukan lagi menjadi sebuah pilihan, tapi sudah menjadi keharusan,” ujar Dosen Manajemen FEB UAD Suryana Hendrawan, SE, MBA, CDMP. Menurutnya, dengan mengabaikan perkembangan teknologi, warga bisa kehilangan daya saing dibanding pengusaha lain yang lebih sadar akan kemungkinan penggunaan teknologi digital.
Dalam hal ini, Prodi Manajemen FEB UAD mengadakan kegiatan pengenalan digital marketing yang didalamnya juga dilakukan penerapan pada usaha yang digiati. Kegiatan ini melibatkan warga Pacarejo di tiga dusun: Dusun Wilayu, Dusun Trukan Ngampo, dan Dusun Jasem Kidul yang dilaksanakan pada 13 Februari 2023.
“Pemasaran digital menjadi sebuah keharusan karena semakin ke sini pasar banyak berpindah ke digital,” ungkap Suryana Hendrawan, Selasa (21/2/2023).
Contoh simpelnya, lanjut Suryana, untuk berbelanja saja orang-orang cenderung memilih berbelanja online karena lebih praktis dan kadang bisa lebih murah.
“Hal tersebut pada dasarnya memangkas rantai pasokan sehingga barang bisa langsung ke tangan konsumen melalui produsen secara langsung,” terangnya.
Dalam kegiatan pelatihan ini masyarakat Pacarejo diajarkan bagaimana mengoptimalkan media sosial (medsos) untuk mempromosikan produk yang dihasilkan, dan bagaimana konsumen mendapatkan informasi mengenai produk, cara memikat konsumen, dan bagaimana konsumen dapat lebih mudah dalam membeli produk di berbagai platform yang mendukung proses transaksi dan berujung pada pembelian produk yang ditawarkan. (adn)