Literasi Manajemen Media Dakwah Digital dan Keberagamaann
Di era globalisasi ini, media sosial berkembang sangat pesat. Seiring dengan perkembangan zaman, media sosial memang telah menjadi sebuah kebutuhan dalam hidup. Jumlah klien media sosial di seluruh dunia telah mencapai miliaran klien. jumlah pengguna media sosial di Indonesia telah mencapai 171,17 juta orang, dengan sebagian besar adalah era yang lebih muda dengan rentang usia 15-19 tahun. waktu . Angka ini terus berlanjut. kritis setiap tahun. Sebagian besar pengguna media sosial juga tergolong era milenial, dengan ciri-ciri condong ke halhal yang membumi dan sangat bergantung pada bantuan inovasi dalam berkomunikasi dan mencari data, khususnya media sosial.
Pengabdian ini dilaksanakan guna menjawab tantangan dakwah diera digital dengan metode sosialisasi dan pelatihan dakwah dimedia sosial serta pelatihan penggunaan media digital untuk memenuhi kebutuhan dakwah digital Bersama dengan remaja serta jamaah masjid dilingkungan Ranting Muhammadiyah Sewon Utara. Target luaran pada pengabdian ini adalah terbentuknya media sosial dakwah dan kemampuan kapasitas pengelola masjid dilingkungan Ranting Muhammadiyah Sewon Utara untuk kebutuhan dakwah digital dimasyarakat.Ditengah pembatasan sosial yang terjadi dan sebagai adaptasi dunia baru dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dalam media dakwah. Ranting Muhammadiyah Sewon Utara dan TIM PPM UAD merespon situasi tersebut. Dengan potensi yang ada pada Masjid di lingkungan Ranting Sewon Utara. Namun kemampuan SDM pada Ranting Sewon Utara belum banyak memenuhi dalam penggunaan media dakwah digital sehingga perlu peningkatan kapasitas pengelolaan manajemen dalam penggunaan media dakwah digital. (v)