PENINGKATAN KAPASITAS MANAJEMEN USAHA DORONG PELAKU UMKM UNTUK NAIK KELAS
Universitas Ahmad Dahlan terus menunjukan komitmen dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat dengan kegiatan pengabdian masyarakat di bidang UMKM. Peningkatan Kapasitas Manajemen Usaha dinilai perlu dilakukan agar UMKM yang ada di masyarakat mampu berdiri secara mandiri, kreatif, maju dan modern guna mempersiapkan masyarakat untuk menghadapi era digital saat ini. Dengan perkembangan era digitalisasi ini masyarakat dituntut untuk pandai berkreasi dan berinovasi melalui sector industri local. Seiring dengan hadirnya globalisasi di tengah-tengah masyarakat saat ini juga diikuti dengan perkembangan di bidang teknologi yang semakin pesat menjadikan masyarakat Indonesia semakin banyak tantangan yang dihadapi namun juga semakin mudah dalam memperoleh berbagai macam informasi melalui alat-alat elektronik yang tersedia. Untuk mendukung tercapainya hal tersebut, Universitas Ahmad Dahlan melalui PPM-UAD menyelenggarakan kegiatan pelatihan manajemen usaha di wilayah Kecamatan Sanden Kabupaten Bantul pada Senin 10 Februari 2020 dan Rabu 13 Februari 2020. Kegiatan ini dilaksanakan mengingat Sanden merupakan kecamatan yang memiliki letak geografis yang dekat dengan pantai sehingga UMKM di Kecamatan Bantul memiliki banyak potensi dan sumber daya yang dapat dimanfaatkan guna peningkata ekonomi masyarakat Kecamatan Sanden. Kegiatan pengabdian ini disampaikan oleh Adhitya Rechandy Christian, M.M. Dosen Program Studi Manajemen-UAD. Dalam kegiatan pelatihan yang dilakukannya. Adhitya menyampaikan bahwa profesionalitas dalam usaha perlu dilakukan guna sustainability usaha yang dilakukan oleh UMKM dapat terus jalan dan berkembang, hal itu dikarenakan banyak UMKM di masyarakat yang masih mencampur adukan keuangan usaha dengan keuangan pribadi sehingga terkadang modal yang digunakan untuk usaha tidak terasa habis digunakan. Maka disiplin keuangan dan pencatatan laporan keuangan sederhana perlu dilakukan, selain itu pada bagian pemasaran, UMKM perlu menyesuaikan pada kondisi saat ini dimana masyarakat sudah mulai masuk pada era digital. Optimalisasi penggunaan smart phone melalui digital marketing pelru dilakukan agar UMKM yang ada dimasyarakat dapat bertahan dan berkembang di era modern saat ini. (ya)